Rayakan Idul Adha 1433 H di Kota Marisa



Sebelumnya kuucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H yah buat teman-teman semua.. Hari Raya Idul Adha kali ini kurasakan beda dari hari raya idul adha kemarin. Biasanya lebaran bersama keluarga tercinta, papa, mama, dan adeku piepit.

Kini kehidupan baru telah kujalani bersama suamiku. Otomatis aku harus dengan suamiku untuk merayakan lebaran bersama. Kali ini idul adha pertama aku dengan status seorang istri rasanya sesuatu banget yah?? hehehe...

Pagi ini aku bangun cepat soalnya harus nyiapin bajuku dan baju suami untuk Salat Id, tepat pukul 5 subuh alarm berbunyi, aku bangun untuk nyiapin segala keperluan hari ini sementara kakak masih tertidur pulas.

Setelah mandi dan dandan, aku bangunkan kakak, nyiapin secangkir kopi panas special buatnya... Tak lama, aku dan kakak sudah selesai berdandan rapi dan siap-siap berangkat ke masjid. Aku memakai maharku seperangkat alat sholat karena kata mamaku, mahar itu gak boleh hanya disimpan dalam lemari harus dipakai untuk sholat 5 waktu :)

Sebelum berangkat ke Masjid Agung An'nur Marisa, terjadilah moment narsis... haha...


Jarak masjid dari kos-kosan memakan waktu 5 menit saja. Dekat yah?? Nih Foto Masjid Agung An-Nur Kota Marisa. Balighonya sangat mengganggu view masjidnya ya? :) Padahal baligho ucapan pada ramadhan kemarin...


Kami langsung masuk ke dalam masjid, lumayan orang-orangnya sudah banyak sehingga Jemaahnya membludak sampai di halaman masjid bahkan sampai ke jalan. Aku dapat tempat di halaman masjid, gak apa-apa deh yang penting niatnya. Iya gak?? Tiba-tiba aku langsung kangen mama, papa dan adeku piepit :( yah wajarlah inikan kali pertama aku pisah dengan mereka apalagi di moment lebaran kayak gini...

Tak lama berselang, tiba-tiba terdengar bunyi Rebana dari arah luar, spontan saja aku kaget.. Wah ada apa yah?? Ternyata ada prosesi Adat Gorontalo sebelum salat idul adha dimulai, dimana Camat (Ta'uwa Lo Lipu), Imam ( Tii Imamu), Khatib (Tii Khatibi), Bilal (Taa Mohudu Tunggudu) telah datang dilokasi salat idul adha dan dijemput untuk memasuki masjid dengan rangkaian adat yang diiringi dengan musik Rebana dan Tarian Langga.

Prosesi Adat Gorontalo, 
Menyambut Camat dalam melaksanakan Salat Id 
dengan iringan Tari Langga


Aku sangat takjub dengan prosesi adatnya, Karena jujur saja di daerahku yang seperti ini gak ada lagi, ternyata adat di daerah gorontalo masih sangat kental banget :)

selang beberapa menit prosesi ini selesai, Bilal (Taa Mohudu Tanggudu) memberikan tanda kepada para jemaah dengan cara memberitahukan tata cara sholat Idul Adha, walaupun menggunakan bahasa daerah gorontalo tapi sedikit-sedikit aku bisa ngerti bahasanya. Salat Idul Adha pun dimulai.

Singkat cerita, Setelah Salat dua rakaat, Khutbah Idul Adha, Sungkeman dengan Suami, lanjut dengan silaturahmi ke rumah tante dan kakak iparku. Suasana lebaran idul adha di sini rame banget. Tau gak? Malamnya saja, jalanan dan pusat pertokoan di Kota Marisa ramai pengunjungnya, kayak merayakan hari raya idul fitri saja.

Dirumah tante, kami ngobrol banyak sambil menikmati hidangan alakadarnya. Sekejap rasa kangen pada keluargaku langsung hilang karena disini (dikeluarga suamiku) mereka menerimaku dengan sangat baik... Alhamdulilah Yah :) Begitupun dirumahnya kakak iparku, Kak Nita. Makan lagi dehhh.. Menunya Nasi Bulu Ikan Mujair Santan. Mmmhhhh nikmatnya...

Oh iya? Tahun ini aku dan suamiku belum berkurban. Tapi niat tuk berkurban ada lho.. Insya Allah, diberikan Rezeki dan Umur Panjang, niat kami bisa tercapai. Amin.. Teman - teman semua pada kurban apa tahun ini? Bagi dong ceritanya... Segini aja ya cerita lebaran idul adha perdanaku bersama suami tercinta.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H yaa..?

9 komentar:

  1. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H,Mohon Maaf Lahir Dan Batin

    BalasHapus
  2. Iya.. Sama - sama kawan.. Met Idul Kurban...

    BalasHapus
  3. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H Sobat..

    BalasHapus
  4. blogwalking pagi2 dari hp sebelum ngantor, hehe..
    ouw, jadi ini Idul Adha pertama bersama suami mbak,
    wah, pasti menyenangkan ya,
    Minal Aidin ya, Mohon Maaf Lahir Bathin..

    BalasHapus
  5. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H

    BalasHapus
  6. selamat hari raya idul adha ya kaka, minal aidhin wal fa izin kaka,,,,

    cie...cie... yang pengantin baru ni ye...

    BalasHapus
  7. selamat hari raya iduladha...
    met berqurban ya...

    BalasHapus
  8. Selamat Hari Raya Idul Adha 1433H
    mohon maaf jika selama ini banyak salah2 kata..-__-

    BalasHapus
  9. telat saya berkunjung..:D
    saya follow blog aja kl gitu ya kawan..:D

    BalasHapus

Blogger Perempuan