Resep dan Cara Membuat Sayur Katem Renyah Pedas Manis


Hehehe.. Kayak Chef beneran aja yah?? :) Terobsesi nih dengan acara Master Chef kali. Tapi jujur, nih kuliner kreatifku sendiri lho.., Sayur Katem Renyah Pedas Manis. Aku kan gak doyan makan sayur dan sejenisnya lho. Jadinya Vegetarian (Siapa juga yang nanya..?!)

Sayur Katem itu apaan yah?? Katem itu sebutan untuk kulinerku, Singkatan dari Kangkung Tempe.. Hehe.. Aku sudah terbiasa masak kayak gini. Ini masakan rumahan kalau waktu libur. Biasanya menu yang akan aku buat pasti Katem. Ditambah kemarin trending topik kuliner paling hot yakni daging sapi kurban, soalnya masih suasana lebaran idul adha.

To the point aja yah... Langsung aku share bahan serta cara pembuatannya. Kuliner ini merupakan dua macam kuliner yang digebungkan menjadi satu.


Bahan-Bahan untuk sayur kangkung
  1. Sayur kangkung yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong
  2. 3 siung bawang merah yang sudah dicincang halus
  3. 2 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  4. 1 batang bawang yang sudah diiris-iris
  5. Cabe merah 5 buah
  6. Bumbu penyedap : Royco,Merica.
  7. Bumbu Pelengkap : Garam, vetsin secukupnya
Cara Pembuatannya
Panaskan minyak kelapa secukupnya setelah minyaknya panas masukkan batang bawang, bawang merah, bawang putih tumis hingga aromanya wangi, setelah wangi dan warnanya coklat segera masukkan kangkung aduk hingga bumbunya tercampur kemudian masukkan bumbu penyedap dan bumbu pelengkapnya setelah sayurnya layu masukkan cabe merah tapi jika ingin rasa sayurnya lebih pedas bisa juga cabenya ditambah sesuai selera.


Bahan - Bahan untuk tempe goreng
  1. Tempe yang sudah diiris-iris model korek
  2. Cabe merah yang sudah dihaluskan
  3. Bawang merah yang sudah di cincang halus
  4. Kecap manis
Cara Pembuatannya
Panaskan minyak kelapa secukupnya setelah minyaknya panas masukkan tempe yang sudah siap goreng hingga warnanya coklat, setelah warnanya coklat angkat tempenya kemudian tiriskan. Cabe, bawang merah yang sudah dihaluskan masukkan untuk di goreng apabila sudah berubah warna segera masukkan tempe yang sudah digoreng aduk perlahan setelah tempe dan sausnya tercampur masukkan kecap manis aduk hingga matang (renyah)


Setelah dua jenis masakan ini selesai, Masukkan sayur kangkung cah tadi aduk sampai rata angkat dan disajikan panas. Mudah bukan? Sajikan dengan sepiring nasi hmmmmmmmm wueenakk..


Selamat Mencoba :)

11 comments:

  1. oseng2 kangkung namanya klo dkotaq, hhe

    BalasHapus
  2. mantep tuh buat malem2 bagi2 mbak hhe

    BalasHapus
  3. Wuidih, sedep bener Naya keknya sayur kangkung ama tempenya. Kebetulan dulu juga pernah jadi vegetarian. Sampe ngerasain daging steak dan KFC, hihihi..

    BalasHapus
  4. waduh, enak nih kayaknya.. boleh ding nyicipin :D

    BalasHapus
  5. Duh, malem2 baca postingan ini, jadi laper... :((

    BalasHapus
  6. Artikel memasak gratis bagi para calon ibu rumah tangga nih :D
    Baguuus,

    BalasHapus
  7. Seperti yang sering dimasak mamaku... jadi lapar nih liatnya?kadang ditambahin tude juga... itu loh sejenis kerang-kerangan... lebih enak lagi :)

    BalasHapus
  8. sedap rasanya membayangkan kangkung cah-nya dan tempe gorengnya...keduanya adalah masakan kesukaanku...,
    salam hangat dari makassar, ..
    menetap di bol-mong yang, tetangga saya banyak yang berasal dari bol-mong,juga nuangang, bahkan dulu sempat main ke asrama bogani di makassar...ada juga apotik bogani :)

    BalasHapus
  9. tumis kangkung kok jadi katem....hehe
    namanya unik juga ya sob,pasti sedap tu sayur katem nya

    BalasHapus

Hai sobat diary... Terima kasih sudah berkunjung ke diaryku. Semoga tulisannya bermanfaat. Jangan lupa beri Komentar, bisa saran atau tanggapan dari tulisanku sebagai bahan evaluasi nanti. Sering-seringlah mampir ke Diaryku ya? Aku pasti akan melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman dan menjalin persahabatan.

Salam
Naya

Komentar Sahabat
Sahabat Diary