Wajah Baru Tugu Bundaran Panua Pohuwato di Tahun 2019


Jika teman-teman berkunjung ke Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo di tahun 2019 ini pasti akan melihat wajah baru landmark Kabupaten Pohuwato yang dikenal dengan nama Bundaran Panua.

Sebenarnya tak hanya landmarknya saja. Ada sejumlah sudut di Kota Marisa, ibukota Kabupaten Pohuwato yang berubah mendadak di penghujung tahun 2018. Kalo aku gak salah, ada 3 (tiga) titik yang ditata lebih apik dan indah dipandang mata, tapi ceritaku kali ini fokus ke Tugu Bundaran Panua saja ya?

Seperti apakah perubahannya?

Foto diatas adalah visual Bundaran Panua saat ini. Secara keseluruhan tugu ini tampak tak berubah, masih ada 4 batang pohon kelapa sebagai tiangnya yang menyangga sesuatu yang penampakannya seperti sayur kol, trus paling atasnya masih ada juga burung maleo. Ornamen yang baru setelah direhab yakni ada tambahan karang batu (stony coral) yang menggambarkan keindahan bawah laut pohuwato dan tulisan PANUA EMAS. Arti tulisan ini apa ya? 

Nih penampakan tugu panua yang lama, Udah beda kan?



Tugu lama menggambarkan kondisi alam dan hasil bumi di Kabupaten Pohuwato, ada batang kelapanya, jagung, ombak lautan dan burung Maleo di atasnya. Sedangkan tugu yang baru ditambahkan ornamen yang menggambarkan kekayaan bawah laut di Kabupaten Pohuwato.

Trus apa lagi yang berubah?

Tempat nongkrong gaess… Di kaki tugu bundaran panua ini terdapat anak tangga yang sering digunakan anak muda dan siapa saja yang ingin santai menikmati udara sore atau malam. Mungkin karena lokasi tugu bundaran panua terdapat RTH (Ruang Terbuka Hijau) dengan bunga-bunganya yang asri, makanya udara sekitar sini hampir tak ada polusi. Perubahan baru di tempat duduk-duduk santai ini, yakni sebagian anak tangga telah ditutup dengan ubin bernuansa hijau kuning.

Selain itu, kolam air mancur di bagian tengah yang diawalnya masih ada, sekarang sudah di tutup. Tanggung juga, selama di Pohuwato aku sangat jarang melihat kalo kolam air mancur ini berfungsi. Malah jadi tempat sampah dan kalo hujan airnya tergenang, jadi sarang nyamuk dong…

Keeeyyy... Segitu aja info singkat dariku. Jika kita jalan-jalan ke Pantai Pohon Cinta, salah satu aksesnya pasti melewati Tugu ini, Semangat Baru Pohuwato di tahun 2019.

3 comments:

  1. Kayaknya model tugu ini sudah berubah di tahun ini

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah ke Gorontalo Bunda Azka. Padahal saya sudah lama juga di Manado. Cuma dekat yaa ke Gorontalo. Setelah pindah dari Manado ke Sumatera Utara, saya biasa ke Medan dari kampung yang memakan waktu 7 jam, kurang lebih sama ya dari Manado Ke Gorontalo. Masih di Gorontalo dang ini Bunda Azka?

    BalasHapus
  3. pilihan terbaik untuk anda Aqiqah Jogja hanya di sini tempatnyaAqiqahJogja

    BalasHapus

Hai sobat diary... Terima kasih sudah berkunjung ke diaryku. Semoga tulisannya bermanfaat. Jangan lupa beri Komentar, bisa saran atau tanggapan dari tulisanku sebagai bahan evaluasi nanti. Sering-seringlah mampir ke Diaryku ya? Aku pasti akan melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman dan menjalin persahabatan.

Salam
Naya

Komentar Sahabat
Sahabat Diary