Tips Menata Kamar Kos Sederhana dan Minimalis

Hari ini hari pertamaku berada di tempat tinggal kakak di Kota Marisa, di kos – kosan yang bernama Zee Kost. Maklum, kami berdua bukan penduduk asli Kota Marisa, jadi tinggalnya hanya di kos-kosan. Ingat lagi dehh lagu nasib anak kos ya? Haha…

Sejak bertugas di Kabupaten Pohuwato tahun 2005, terhitung baru 2 kali kakak pindah kos. Awalnya, tempat kos kakak berada di Jalan Pelabuhan, depan Studi Radio Erchi FM. Di tahun 2012, awal februari kalo gak salah, kakak pindah kos di Jalan Mohammad Hatta, Depan Hotel Irene Marisa. Tempat kos yang baru ini lumayan bagus fasilitasnya. Selain suasananya gak ribut, masing – masing kamar difasilitasi kamar mandi.

Zee Kost Marisa Tampak Depan, 
Gambar Samping Kanan tuh Toko Pakaian X-Mhe Style Distro
Toko Pakaian yang ada di depan Kos

Kos ini memiliki total kamar sebanyak 14 kamar, dan semuanya berpenghuni. Kamar kosnya berukuran 4 x 5, sangat kecil untuk ukuran kami berdua. Sebelum nikah, kakak tinggal disini sendirian gak masalah. Yang masalah kini kamarnya ketambahan 1 penghuni baru. Hehehe… Otomatis situasi dan kondisi kamar harus ditata sedemikian rupa agar betah untuk ditinggali. Iya gak?

Awalnya masuk ke Kamar Nomor 10 (Kamarnya kakak), kesan pertamaku, kamarnya sangat berantakan sekali. Tempat tidurnya tanpa sprey, punting rokok dimana – mana, botol sprite dan aqua kosong berserakan, buku dan kaset DVD berserakan menjadi satu bagai tumpukan sampah, lantainya berdebu, pakaian tidak teratur dan berhamburan. Pokoknya kamar ini seperti kamar tanpa ada penghuninya...

Mau gimana lagi. Mau tidak mau, aku harus memutar otak gimana menata tempat ini biar menjadi asri dan menjadikan kami berdua betah tinggal didalamnya. Nih langkah – langkah yang aku lakukan dalam menata kamar kos yang ukuran kamarnya hanya 4 x 5 plus kamar mandi satu ukuran 2 x 1 didalamnya. Siapa tau ada juga teman blogger yang mau menata kamar kosnya, jadi aku berbagi informasi dan tips seputar menata kamar kos (Weee.. kayak arsitek aja ya? Hahaha…)

  1. Yang pertama aku lakukan adalah menentukan posisi perabot yang ada di kamar. Tentunya aku harus menyesuaikan dengan ukuran kamarnya agar gak kelihatan sempit. Perabot yang ada di kamar kosku : Tempat Tidur, Lemari Pakaian, Mini Home Theater, Kulkas Portabel, Rice Cooker, Dispenser, Rak Sepatu, Lemari Rak Plastik Napolly, dan lainnya hanya rak – rak kecil yang masih gak beraturan tempatnya. Nih posisi awal kamarnya...

    Kamar Kos Sebelum di tata
  2. Pisahkan barang – barang yang sering dipakai dan barang – barang yang jarang dipakai, termasuk satukan barang – barang elektronik biar kabel – kabel dan celokannya gak mengganggu pemandangan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak memasang barang elektronik di kamar, karena barang elektronik dapat menghasilkan panas. Gunakan barang elektronik seperlunya saja, misal kulkas mini, dispenser, rice cooker dan sebaiknya dioperasikan jika dibutuhkan saja.
  3. Warna cat kamar juga sangat menentukan karena warna dapat mempengaruhi mood dan emosi kita. Gunakanlah warna-warna yang netral untuk mengatasi masalah ini. Warna terang membuat ruang terasa lebih lega karena dapat memantulkan lebih banyak cahaya. Kebetulan warna kamarnya sudah sesuai dengan seleraku, yakni Warna Kuning Muda, jadi gak perlu lagi memperbarui cat kamarnya.
  4. Gunakan ruang dinding yang kosong untuk menata rak – rak gantung sedemikian rupa agar indah dipandang dan berfungsi untuk meletakkan barang – barang yang kecil. Jangan meletakkan gantungan pakaian didinding, sebaiknya di belakang pintu atau di dalam kamar mandi. Gunakan gambar poster seadanya jika diinginkan, kebetulan ada sisa banner waktu acara pernikahanku kemarin, ini aku tempel saja didinding yang masih kosong. Gak perlu lagi cari poster atau foto – foto idola segala. Hehe…
  5. Barang – barang yang sudah sangat jarang digunakan simpan saja di kardus dan jika tidak pernah digunakan lagi sebaiknya dikeluarkan saja dari kamar.
  6. Tiap pagi hingga siang hari, bukalah jendela kamar, agar sirkulasi udara di kamar baik, dan membuat suasana kamar senantiasa tetap segar. Jangan lupa kamar mandinya dibersihkan tiap hari ya?, agar udara dalam kamar tidak terkontaminasi dengan bau – bau yang tidak sedap dari dalam kamar mandi. Percuma kamar bersih, tapi terganggun dengan aroma tak sedap dari dalam kamar mandi.

    Nih posisi kamar kosku setelah di tata
    Ruang geraknya gak sempit lagi :)

Posisi Tempat Tidur, Rak Kosmetik, Rak buku dan DVD

Rak Buku

Rak DVD

Posisi Lemari Napolly, Dispenser dan Kulkas

Mini Home Theater plus Rak Mungil diatasnya

Posisi Lemari dan Rak Sepatu

Selesai sudah tugasku menata kamar kos yang sederhana dan minimalis. Semoga bisa bermanfaat juga buat teman - teman blogger semua...

17 komentar:

Mas Nady mengatakan...

bagus dan rapi susunannya...? keren dech.. nice tips

zachflazz mengatakan...

dasar wanita..
selaluu saja lebih rapi daripada kami kaum pria. makanya dulu saya berharap banget pengin segera menikah, biar yang berantakan menjadi rapi. terima kasih kepada kaum wanita.

Limit Komputer mengatakan...

Sumpah tipsnya kreativ bnget dan sngat menarik

Yudi Darmawan mengatakan...

sama sekali gak pernah dengar kota nya mbak,
saya gak tau itu dimana,
kos nya rapi banget,
saya juga pernah ngekos waktu kuliah,
tapi kalo mbak pernah liat kota Hiroshima di bom, begitulah kondisi kos saya, haha..

salam kenal, ditunggu foll backnya juga ya..

Sepriana Mokoagow mengatakan...

- Mas Nady: makasih ya?
- zachflazz: Makanya cepat2 merit.. heheh.. semoga ya..? Amin.. amin...
- Limit Komputer: tengkyu..
- Yudi Darmawan: ohh.. Kota Marisa adanya di Provinsi Gorontalo.. hehe.. Salam kenal balik.. dan sudah di follow back..

Agus Suparwanta mengatakan...

Rapi banget mbak...
Betah tuh dirumah..:D

bocah kampoenk mengatakan...

wah pas banget nih buat pengantin baru hehe

btw maksudnya "kakak" itu suami kamu yah?

Sepriana Mokoagow mengatakan...

Iya.. aku panggil suamiku dengan sebutan Kakak atau Pace.. heeheeehehe

purnamamerahjigga mengatakan...

mbk bisa minta no telp pemilik kos g???
saya mau kos disana....bisa buat suami istri ya?

Anonim mengatakan...

thank kakak... susunan ruangan persis sama sama kamar baru saya :)

Shahendra mengatakan...

Pengen punya kamar kek bgtu :(

Mas nurdyanto mengatakan...

makasih untuk infonya █ ▄ █ ▄

Anonim mengatakan...

Sayang tembok dikost saya dari beton jadi susah paku nya, mesti di bor dulu.
:(

yusuf rudy kurniawan mengatakan...

thankyu mbak info.na
kbetulan blan dpan mw ngberesin kamar soale brantakan bngeeed
bsa jd reverensi nih
hahahaha

Anonim mengatakan...

ukuran kamaar.a berapa ?

Anonim mengatakan...

keren mas tipsnya untuk menata ruangan yang tidak seberapa luas namun semua barang yang digunakan sering dan sehari" tetep bisa masuk semua tanpa menggangu pemandangan

oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

Perumahan Baru
developer perumahan
developer property
harga perumahan

Muhammad Syarif Hidayatullah mengatakan...

Sangat menginspirasi saya tips dari mbaknya :-). Thanks sebelumnya dan insya Allah akan segera saya praktekkan!

#From Lampung

Poskan Komentar