Alasan Kenapa Anda Harus Ajak Anak ke Pantai

Assalamu’alaikum, Selamat Bulan Oktober Diaryku...

Yuuuuk, ajak anak kita bermain di Pantai. Jangan hanya main ke mal atau di dalam rumah saja. Bebaskan anak kita di alam terbuka, berekspresi dan lihatlah senyum mereka. Sangat Bahagia.



Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Semua pasti suka, apalagi kalau jalan-jalan dengan keluarga tercinta. Salah satu tujuan jalan-jalan yang bisa jadi pilihan kita adalah jalan-jalan ke pantai. Untunglah Kota Marisa memiliki Pantai yang indah, yang jaraknya lumayan dekat dari rumah.

Terlepas dari keinginanku untuk refreshing (maklum, lagi bete ngidam), aku juga berharap bisa mengenalkan si kecil Azka ke lingkungan luar yang berbeda dari lingkungan tempat tinggal sehari-harinya. Dan ternyata, dari artikel-artikel yang aku baca, jika sering membawa anak bermain ke pantai memiliki banyak manfaat bagi si anak. Wow keren...

Dan satu lagi, anak-anak yang senang bermain di luar akan cenderung lebih pandai, lebih bahagia, lebih perhatian, dan kurang cemas daripada anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan bermain gadget.

So, walau sesibuk apapun aku dan suamiku, aku luangkan waktu untuk keluarga kecilku. Yang setuju, silakan lanjuuuutttt...

Azka bermain di Pantai Pohon Cinta

Berikut manfaat membawa si kecil bermain ke pantai :

1. Belajar banyak dari hal-hal yang baru

Di usia anak yang sedang berkembang, mereka cenderung belajar banyak dari lingkungan di sekitarnya. Dengan membawanya ke pantai, si kecil bisa mempelajari banyak hal untuk memperluas pengetahuan dan meningkatkan kecerdasannya.

2. Bermanfaat bagi kesehatannya

Udara pantai bermanfaat untuk kulit si kecil. Selain itu kelembaban udara di pantai juga baik bagi anak yang memiliki masalah pernafasan karena udara bersih di lautan lepas sangat baik untuk paru-paru si kecil yang sedang berkembang. Ditambah lagi asupan sinar matahari pagi di pantai yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak.

3. Melatih kemampuan motorik dan sensorik

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai misalnya dengan bermain pasir. Anak dapat membedakan tekstur pasir kering dan basah yang akan merangsang kemampuan sensori nya. Kreativitas si kecil juga akan terasah dengan mencoba membentuk pasir menjadi bermacam-macam sesuai dengan imajinasi anak.

4. Memberi kesempatan bagi si kecil untuk bersosialisasi dan beradaptasi di lingkungan asing

Si kecil sering kali takut dengan lingkungan yang baru dikenalnya. Dengan mengajaknya ke pantai, ia akan mengetahui ada lingkungan asing namun menyenangkan. Ini bermanfaat bagi si kecil agar tidak mudah merasa takut pada lingkungan baru yang asing.  Selain itu di pantai si kecil juga akan mendapat kesempatan untuk bertemu teman-teman baru. Saat bermain pasir bersama temannya, si kecil akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama.

5. Melatih rasa ingin tahu

Anak-anak merupakan makhluk yang penuh rasa ingin tahu. Di lingkungan terbuka seperti pantai, anak-anak mendapatkan ruang bebas untuk mengeksplorasi dirinya dan mencari tahu banyak hal. Mereka akan memenuhi rasa penasaran menyentuh pasir dan merasakan bagaimana kaki mereka menyentuh air laut. Pengalaman seperti ini sangat berharga bagi si kecil dan mereka akan mengenangnya sebagai hal yang menyenangkan.

Nah, banyak banget kan manfaatnya mengajak anak bermain di pantai. Karena bermain dan belajar untuk anak tidak melulu harus mahal dan merepotkan. Dengan membawa si kecil mengeksplorasi alam bebas saja mereka bisa belajar dan mendapatkan manfaat yang sangat banyak.

Yuuuk ajak anak jalan-jalan ke pantai, tetapi kita harus safety ya, tetap pantau anak bermain di alam terbuka, kita jangan sampai lengah atau meninggalkan dia sendiri dan sesekali dekap si kecil supaya mereka merasa nyaman, aman dan diperhatikan oleh orang tuanya.

Semoga bermanfaat

1 comments:

Hai sobat diary... Terima kasih sudah berkunjung ke diaryku. Semoga tulisannya bermanfaat. Jangan lupa beri Komentar, bisa saran atau tanggapan dari tulisanku sebagai bahan evaluasi nanti. Sering-seringlah mampir ke Diaryku ya? Aku pasti akan melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman dan menjalin persahabatan.

Salam
Naya

Komentar Sahabat
Sahabat Diary