Asyik, Azka Mulai Sekolah Lagi Setelah “Libur”Gegara Pandemi Covid-19


Hai teman-teman Diaryku, jumpa lagi. Btw, malam-malam aku mau posting sesuatu nih, ada apa gerangan ya? Taraaaaaaa.. Happy banget pokoknya. Begini ceritanya, aku sebagai ibu yang sangat merindukan pendidikan untuk anak-anakku sangat gembira hari ini lho. Pasalnya, Azka mulai sekolah lagi hari ini mulai tanggal 2 Februari 2021, setelah “Diliburkan secara paksa” hampir 1 tahun lamanya gara-gara wabah pandemi Covid-19 menyerang indonesia. Seingatku, terhitung mulai bulan Maret 2020 kemarin mereka diliburkan, belajar dari rumah gaess


Senin, 1 Februari 2021, pukul 19.18 WITA, kabar Azka mau sekolah lagi masuk lewat Group A1 PAUD TK Pembina Negeri Marisa. Lewat pengumuman yang disampaikan oleh Ibu Sri Endang Husain, kalo Azka jadwal belajar di sekolah setiap hari Selasa tiap minggunya.


Informasi inipun aku beritahukan ke suami, ia setuju-setuju saja sambil berceloteh kayak menteri kesehatan, Pandemi wabah virus Corona ini harus kita terima sebagai fakta. Sebagai kenyataan sehari-hari, maka kita harus beradaptasi, menyesuaikan diri, beradaptasi sekaligus berkembang. Alhamdulillah, Azka sekolah lagi, kita sebagai orang tua yang gak ada basic mendidik anak secara formal pada dasarnya setuju saja, yang penting TK Negeri Pembina Marisa wajib dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat, celoteh suamiku.

Malam itu juga, aku segera menyiapkan semua perlengkapan Azka di sekolah nanti. Masker, tumblr air minum, sekalian ngetes lagi seragam sekolah Azka yang sudah nganggur hampir setahun. Udah kekecilan, tapi masih boleh dipakai.

Besok paginya, tanggal 2 Februari, Azka dibangunkan “paksa” tapi dengan cara yang menyenangkan. Gimana tuh? Nyalakan lampu kamar, duduk di pinggir kasur dan memanggil namanya dengan nada suara biasa sambil mengelus pelan punggungnya agar ia tidak tiba-tiba merasa terganggu.

Membangunkan anak di pagi hari memang bisa jadi momen yang menguji kesabaran ya Moms, Apalagi selama tidak ke sekolah, Azka sudah terbiasa bangun jam 9 pagi. Saat dia sedikit mengerang pertanda mulai sadar dari tidurnya, aku bisikin sesuatu deh, yang membuatnya semangat untuk bangun pagi. “Ayo ke sekolah, pulang sekolah nanti Azka beli ice cream”.

Manjur, dia langsung membuka matanya, bersantai sebentar di tempat tidur selama  5 menit sebelum waktunya mandi. Benar-benar butuh kesabaran ekstra.

Azka pun mulai semangat ke sekolah lagi, walaupun saat diantar ke sekolah dia sedikit membandel dengan alasan, jika disekolah ada Corona. “Ada Korona di sekolah Bunda…”, celotehnya membuatku senyum-senyum sendiri.

Dihari pertama sekolah ini, Azka hanya bertiga dengan teman-temannya sesuai jadwal yang telah diatur oleh sekolah. Bertiga dengan Abdul Hafiz Mallu dan Fauziah Ishak. Aku minta ijin ke pimpinan untuk absen sampai dengan jam 10 pagi belum asuk ke kantor, demi menjaga si Azka.

Btw, walau udah mulai sekolah, rambut Azka tetap gondrong. Dia belum mau digunting rambutnya. Kami pun sebagai orang tua tidak ingin memaksakan kehendak. Aku sudah memberitahu ke wali kelasnya perihal rambutnya Azka yang belum mau digunting, dan ibu gurunya tidak keberatan.

...

Tentang rambutnya, pernah suatu hari aku bercakap-cakap dengan Azka.

“Rambut Kk Azka ada kutu, sini Bunda cari kutunya, kalo gak mau nanti digunting saja, Kk suka kalo kutu bawa terbang?? Tidur di rumah, trus bangun sudah di Pantai Pohon Cinta?” 

KK Azka spontan menjawab dengan dialeg kotamobagu yang masih kental, “haiiii bunda eeee, kutu nda ada sayap, nda bisa terbang dia…“

Aku langsung tertawa, Diusianya yang akan memasuki 5 tahun, Anakku makin cerdas, dan gak bisa dibohongi lagi. Love you KK azka, Sekolah yang rajin ya? Bunda akan slalu membimbingmu disetiap waktu. Bunda senang sekali, Azka bisa sekolah lagi. 

Udah ya Diaryku? Sampai jumpa di story selanjutnya…

0 komentar:

Posting Komentar

Hai sobat diary... Terima kasih sudah berkunjung ke diaryku. Semoga tulisannya bermanfaat. Jangan lupa beri Komentar, bisa saran atau tanggapan dari tulisanku sebagai bahan evaluasi nanti. Sering-seringlah mampir ke Diaryku ya? Aku pasti akan melakukan kunjungan balik ke blog teman-teman dan menjalin persahabatan.

Salam
Naya

Komentar Sahabat